4 Efek Buruk Akibat Terlalu Sering Begadang
4 Efek Buruk Terlalu Sering Begadang

Apakah kamu termasuk seorang pekerja yang terbiasa lembur dan begadang? Jika iya, sebaiknya mulai kurangi sebelum terkena 4 efek buruk begadang ini..

Pada masa-masa kuliah begadang bersama teman-teman, baik dalam mengerjakan tugas atau hanya sekedar nongkrong sampai larut malam memang menyenangkan. Ada cerita dan tentu saja cemilan lezat yang menemani bincang-bincang semalam suntuk. Tapi ketika sudah jadi pekerja, begadang akibat lembur menyelesaikan pekerjaan tentu tidak menyenangkan. Sudah delapan jam kamu bekerja di kantor, kalau masih harus ditambah lagi karena ada pekerjaan yang harus dituntaskan hingga begadang dan mengambil jatah istirahat kamu sepertinya kamu harus mengambil tindakan tegas. Sebelum efek buruk akibat terlalu sering begadang terjadi. Kamu harus kenal jelas apa saja efek buruk akibat terlalu sering begadang!

 

Berat Badan Bertambah

4 Efek

Apakah kamu sadar kalau saat begadang hingga tengah malam, rasanya kamu selalu ingin nyemil? Alhasil, rencana awal yang hanya ingin mengisi energi agar kuat begadang, tapi lama-kelamaan kamu akan merasa badan mulai membesar.

Salah satu efek buruk akibat terlalu sering begadang adalah naiknya berat badan. Kurang tidur berkaitan dengan peningkatan nafsu makan dan bertambahnya rasa lapar.

Otak yang terus bekerja membuat energi habis dan harus segera diisi kembali dengan ragam makanan atau camilan. Tanpa sadar berat badanmu sudah bertambah banyak. 

 

Wajah Terlihat Lebih Tua

Buruk

Kurang tidur menyebabkan pelepasan hormon stress yang lebih banyak dibanding keadaan normal. Hormon ini bersifat memecah kolagen pada kulit, padahal kolagen adalah protein yang bekerja dalam menghaluskan kulit dan menjadikannya elastis.

Tak hanya itu, kebiasaan sering begadang juga dapat menimbulkan mata bengkak yang biasa disebut mata panda dan muncul garis-garis penuaan halus di wajah dan menjadikan kulit terlihat kusam. Cara Menghilangkan Mata Panda 

 

Mudah Menjadi Pelupa

terlalu sering

Efek buruk akibat terlalu sering begadang lainnya adalah terhambatnya proses sharp wave ripples yang berfungsi untuk memperkuat ingatan. 

Begadang membuat fungsi otak untuk memperkuat, memindahkan ingatan, juga mentransfer memori ke bagian penyimpanan memori jangka panjang menjadi terhambat. Alhasil kamu mudah menjadi pelupa.

 

Depresi

begadang

Salah satu efek buruk yang terparah jika terlalu sering begadang adalah depresi.

Banyak orang yang didiagnosis mengalami rasa cemas berlebihan hingga depresi karena jam tidur mereka yang kurang dari enam jam di malam hari.

Tak hanya itu, begadang juga memicu insomnia yang kaitannya erat menjadi penyebab depresi.

Itulah 4 Efek Buruk Begadang yang perlu kamu hindari. Semoga bermanfaat yaa..

Baca Juga : 5 Tempat Pelarian Saat Suntuk Melanda di Kantor

 

 

Rekomendasi
Artikel terkait