5 Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja
5 Cara Mengelola Emosi di Tempat kerja

5 Cara Mengelola Emosi di Tempat Kerja

Tempat kerja dapat bisa menjadi sumber emosi negatif jika tidak dikelola dengan baik. Rasa cemas, marah, dan sedih ditempat kerja sewaktu waktu dapat saja “meledak” di kantor.

Banyak hal yang bisa membuat demikian. Misalnya, tugas dan deadline yang menumpuk, target tidak tercapai ataupun adanya masalah pribadi. Mengelola emosi jauh lebih sulit dalam keadaan-keadaan seperti ini. 

Kamu bebas memilih cara bereaksi terhadap sesuatu. Tapi yang perlu diingat, meluapkan emosi di kantor dapat merusak reputasi professional kamu.

Ketimbang kamu emosi tidak terkendali, lakukan beberapa cara ini untuk mengendalikan emosi di tempat kerja, yuk disimak..

Istirahat Sejenak

Hindari langsung bereaksi saat seseorang atau pekerjaan membuat kamu emosi di kantor. Walau sulit untuk berpikir jernih pada saat itu tapi usahakan  berpikir secara logis. Berikan dirimu waktu untuk rehat sejenak jika sedang berada di situasi yang penuh emosi di kantor

kamu bisa memesan makanan atau minuman favorit,  atau melakukan perawatan diri sepulang kerja. Agar dapat membantu kamu meredakan emosi. 

 

Lupakan Masalah Pribadi

Hal ini wajib kamu lakukan jika emosi kamu di kantor banyak dipengaruhi oleh permasalahan yang berasal dari rumah atau kehidupan pribadi kamu. Coba batasi diri dan tinggalkan permasalahan pribadi di rumah.

Gunakan waktu yang dihabiskan di perjalanan ke kantor untuk membebaskan dan mengosongkan pikiran dari permasalahan tersebut. Agar saat  tiba di kantor perasaanmu bisa  lebih ringan.

Hal sebaliknya yang harus kamu lakukan yaitu dengan tidak membawa “urusan” atau permasalahan yang ada di kantor kembali ke rumah.

Jangan Membuat Keputusan Saat Emosi

Jangan pernah mengambil keputusan penting saat emosi sedang memuncak. Tapi tahan keinginan itu. Karena bisa jadi kamu akan menyesali keputusan yang kamu nantinya.

Lebih  baik, tarik napas panjang, lalu hitung sampai sepuluh. Berikan jeda beberapa saat untuk menjernihkan pikiran sebelum mulai berbicara. Jangan biarkan kemarahan atau emosi menguasai diri kamu.

 

Alihkan Untuk Melakukan Kegiatan Lain

Saat sedang emosi di kantor, cobalah alihkan dengan melakukan kegiatan lain. Cari ruangan yang tenang di kantor sembari mendengarkan music yang menenangkan atau dengan keluar 15 menit di taman kantor untuk merefresh pikiranmu.

kamu juga bisa mengalihkan emosi negatif dengan kegiatan yang positif, seperti berolahraga yang dapat merangsang pengeluaran hormon endorfin dan memperbaiki mood.

Pelajari Relaksasi

Dengan melakukan relaksasi seperti meditasi atau dengan bernapas panjang itu dapat meredakan emosimu yang datang secara tiba-tiba. Pelajarilah teknik relaksasi yang sesuai dengan diri kamu. Salurkanlah emosimu melalui hal yang menenangkan diri.

Untuk teknik relaksasi singkat saat merasa emosi atau sedang ingin menenangkan diri dengan cepat, Anda bisa menarik napas panjang, dan memejamkan mata. Selain itu, juga bisa berjalan keluar ruangan sebentar untuk mendinginkan kepala. Semoga 5 cara mengelola emosi diatas dapat membantum

Baca Juga : Kebiasaan Yang Dapat Menghancurkan Karir

Rekomendasi
Artikel terkait