Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan

Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan

Saat sedang mengejar deadline atau mengerjakan pekerjaan yang penting, beban kerja di kantor bisa bertambah. Seringkali hal itu menyebabkan pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan baik. Lebih dari itu, karyawan menjadi stres dibuatnya.

Tapi, mau tak mau karyawan harus menyelesaikan pekerjaannya. Apalagi jika pekerjaan itu sudah menjadi job desc atau tanggung jawabnya. Agar bisa mengatasi beban kerja di kantor yang berlebihan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Simak tipsnya berikut ini.

Tetapkan Target yang Realistis dan Hindari Perfeksionis

Tetapkanlah target atau tujuan yang realistis dalam bekerja. Jika target yang ada terlalu sulit untuk dicapai, beban kerjamu akan mudah bertambah. Kamu juga jadi mudah stres. Selain itu, jangan terlalu menginginkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Karena untuk mencapai kesempurnaan biasanya membutuhkan usaha yang lebih dan waktu yang lama. Hal ini tentunya bisa mengganggu tercapainya tujuan. Apalagi jika kamu bekerja dengan deadline.

Membagi Waktu, Membagi Beban Kerja

Mengerjakan satu pekerjaan dalam waktu yang lama sangatlah tidak disarankan. Pasalnya, kamu terancam tidak bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya secara tepat waktu. Oleh karenanya, bagilah waktumu untuk setiap pekerjaan yang ada.

Jika waktu pengerjaannya sudah habis, segeralah beralih ke tugas/pekerjaan lainnya. Jika masih ada sisa waktu, kamu bisa melanjutkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum diselesaikan.

Memprioritaskan Pekerjaan dan Up-to-Date

Membagi waktu saja tanpa memprioritaskan pekerjaan hanya akan membuat beban kerja semakin berat. Karenanya, buatlah daftar pekerjaan dan tentukan prioritas penyelesaiannya. Kamu bisa memilahnya berdasarkan urgensi atau kepentingannya. Menghabiskan waktu untuk pekerjaan yang tidak urgent membuatmu jadi tidak efisien. Selain itu, kamu juga akan kesulitan mencapai tujuan yang ditetapkan.

Yang juga harus diperhatikan, seringkali perubahan situasi atau kondisi kerja membuat pekerjaanmu menjadi bertambah. Keadaan jadi bertambah buruk kalau kamu terlambat mengetahui perubahan situasi dan kondisi tersebut. Karenanya, cobalah untuk selalu up-to-date terhadap perubahan yang ada.

Sebaliknya, informasikan progres pekerjaan pada atasan. Selain itu, ada baiknya kamu juga melaporkan perubahan yang terjadi pada atasan.

Baca Juga: Apakah Kamu Bersaing Sehat atau Tidak di Kantor?

Mendelegasikan Pekerjaan untuk Mengurangi Beban Kerja

Membagi pekerjaan dengan rekan kerja atau bawahan juga bisa mengurangi beban kerja di kantor. Karenanya, cobalah mempercayai rekan kerja atau bawahan untuk penyelesaian pekerjaan dengan mendelegasikannya. Yang terpenting, berikan kebebasan pada rekan kerja atau bawahan untuk menyelesaikannya.

Namun, selalu awasi progres pekerjaan yang berjalan. Dengan begini, selain bisa mengurangi beban pekerjaan, rekan kerja atau bawahan juga belajar mengemban tanggung jawab.

Jangan Lupa Istirahat

Terakhir, jangan lupa untuk beristirahat di sela-sela pekerjaan. Istirahat berguna untuk meredakan dan menghilangkan stres. Sehingga kamu bisa mengembalikan fokus dan kesegaran saat melanjutkan pekerjaan. Jangan lupa juga untuk mengisi perut.

Itulah Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan, dengan melakukan beberapa langkah di atas, diharapkan kamu bisa tetap bekerja maksimal meskipun dengan beban kerja yang berat. Sehingga target atau tujuan yang ditetapkan bisa tercapai.

Baca Juga: Gaya Hidup Seorang Pebisnis Yang Mudah Untuk Dilakukan

guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
5 Soft Skills Penting Perlu Ada di CV - Varash Career
April 22, 2021 6:36 am

[…] Baca Juga: Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan […]

trackback
Pentingnya Update CV Teratur Apa yang Harus Diperhatikan?
April 12, 2021 8:23 am

[…] Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x