Ketahuilah 5 Tipe Atasan dan Tips untuk Menyikapinya

Ketahuilah 5 Tipe Atasan dan Tips untuk Menyikapinya

Dalam hal menempuh karier di dunia kerja, tidak semua karyawan bisa menjadi atasan. Karena dalam bekerja tentu sudah ada yang namanya atasan dan bawahan. Produktivitas dan kinerja bawahan biasanya bergantung dari bagaimana atasannya memimpin.

Setiap atasan tentunya mempunyai sifat dan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda. Ada atasan yang bisa membuat bawahannya betah dalam bekerja. Sehingga produktivitas bawahan bisa meningkat. Tapi tak jarang juga banyak atasan yang tidak memiliki kemampuan itu.

Jadi sebagai bawahannya, yang bisa kita lakukan adalah patuh pada atasan sambil mengenali tipe-tipe atasanmu juga. Agar kamu bisa menghadapinya dan bekerja dengan betah dan nyaman. Berikut ini 5 tipe atasan yang sering kamu temui di kantor atau tempat kerja.

 

Tipe Atasan yang Kuno

Atasan seperti ini bisanya sangat sulit menerima ide baru dari rekan atau bawahannya. Karena ia beranggapan, ketika pekerjaan masih bisa diselesaikan dengan cara lama, kenapa harus menggunakan cara-cara yang baru. Lain kata, terobosan baru tidak ada dalam kamusnya.

Untuk menyikapinya, sebaiknya kamu jangan menentang teknis atau metode kerjanya. Ini dilakukan agar ia tidak merasa insecure. Meski demikian, sesekali sampaikan ide atau saranmu dengan cara yang sopan dan bijak.

 

Type Atasan yang Gila Kerja

Tipe atasan yang gila kerja atau workaholic merupakan sosok yang sangat suka bekerja. Bahkan ia gemar bekerja sampai di luar jam kerjanya. Jika satu pekerjaan sudah diselesaikannya, ia langsung melanjutkan ke pekerjaan lainnya. Masalahnya, atasan yang seperti ini seringkali menuntut hal yang sama dari bawahannya.

Menyikapi atasan yang seperti ini, usahakan untuk selalu melaporkan progres pekerjaan dengan tepat waktu. Kamu juga harus bisa bekerja sesuai deadline. Di sisi lain, belajarlah untuk bisa berkata ‘tidak’. Alias, kamu harus bisa menolak permintaannya jika merasa beban kerja sudah terlalu banyak.

Baca Juga: Jangan Abaikan Hal Ini Saat Mencari Pengalaman Kerja

Tipe Atasan yang Mengejar Kekuasaan

Atasan seperti ini sering menganggap posisi atau jabatan adalah segalanya. Akibatnya, tanggung jawab dan pekerjaan bukanlah hal yang penting baginya. Selain itu, ia juga selalu ingin bisa mengontrol bawahannya.

Jika kamu menjadi bawahannya, selesaikan pekerjaan sesuai job-desc yang diberikan. Jika ada permintaan yang tidak bisa kamu lakukan, sampaikan bahwa kamu tidak bisa melakukannya. Jika atasanmu mengancam, kamu boleh melaporkannya pada HRD. Selain itu, ingatlah bahwa atasanmu juga memiliki atasan.

 

Type Eksentrik di Kantor 

Bekerja dibawah kepemimpinan atasan yang eksentrik menawarkan kelebihan dan kekurangan. Atasan yang seperti ini seringkali marah-marah pada bawahannya. Ia juga blak-blakan dalam mengutarakan pikirannya. Buat kamu yang mudah baper, atasan yang seperti ini bisa membuatmu suasana kerja menjadi tidak nyaman. Bahkan kamu bisa sakit hati karenanya.

Meski demikian, atasan yang eksentrik menyukai inovasi dan selalu terbuka untuk ide atau saran dari bawahannya. Untuk menghadapinya, kamu harus tahu kapan harus berinteraksi dengannya. Alias, kamu harus tahu mood yang tepat untuk memberi masukan atau menyampaikan masalah pekerjaan.

 

Tipe Atasan yang Ideal

Tipe yang seperti ini selalu ingin bawahannya bekerja dalam kondisi yang nyaman. Di sisi lain, keterbukaan, kejujuran dan adil terhadap bawahan menjadi ciri khasnya. Selain itu, ia juga terbuka pada ide atau masukan bawahannya.

Kamu adalah karyawan yang beruntung jika memiliki atasan yang seperti ini. Karenanya, jangan sia-siakan kesempatan untuk bekerja di bawah kepemimpinannya. Selalu berikan kontribusi terbaik dan kembangkan kemampuan di bawah bimbingannya.

Bekerja di bawah atasan yang berbeda bisa memberikan pengalaman tersendiri bagi perkembangan kariermu. Yang terpenting, seperti apapun atasannya, kamu harus bisa bekerja secara profesional tanpa merusak hubungan harmonis yang terjalin antara atasan dan bawahan.

Maka dari itu Ketahuilah 5 Tipe Atasan dan Tips untuk Menyikapinya agar kalian bisa nyaman bekerja dan dapet memberikan hasil yang maksimal dalam pekerjaan kalian.

Baca Juga: Ide Bisnis Keren 2021

guest
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Kamu Sekantor dengan Saudara? Cara agar Tetap Profesional!
July 13, 2021 2:36 am

[…] Baca Juga: 5 Tipe Atasan dan Tips untuk Menyikapinya […]

trackback
5 Fakta Dunia Kerja yang Perlu Kamu Ketahui - Varash Career
June 8, 2021 5:18 am

[…] Ketahuilah 5 Tipe Atasan dan Tips untuk Menyikapinya […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x