Tanda Yang Menunjukkan Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri
Tanda Yang Menunjukkan Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

Tanda Yang Menunjukkan Kamu Kurang Menghargai Diri Sendiri

Apakah kamu bisa melihat dirimu sendiri? Bagaimana kamu melihat dirimu, kemudian merepresentasikannya ke dunia? Self-respect berbanding terbalik dengan seseorang yang kurang menghargai diri sendiri dalam aspek apapun. Ini adalah sesuatu yang seharusnya selalu dipikirkan dan evaluasi karena datang dari dalam diri sendiri.

Cara kamu memperlakukan diri adalah cerminan yang menggambarkan bagaimana orang lain seharusnya memperlakukanmu. Rasa bangga, percaya diri, dan menerima kekurangan adalah kalimat termudah yang sering diungkapkan untuk mencintai dan menghargai diri sendiri. Berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan kalau kamu kurang menghargai diri sendiri, Yuk disimak..

 

Tidak Pernah Percaya Pada Diri Sendiri

Kamu bisa bermimpi dan memiliki tujuan, tapi kenyataannya kamu tidak pernah percaya jika itu bisa dicapai. Bahkan sebelum memulainya, kamu tak pernah sedikit pun percaya jika mimpi-mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan.

Jika mimpi dan tujuan tersebut tidak tercapai, ini bukan karena kamu tidak mampu tapi kamu tidak bisa mengenali potensi yang ada di dalam diri sendiri.

 

Merasa Tidak Pernah Dicintai Siapapun

Karena kamu sendiri tidak percaya diri, maka rasa tidak pernah dicintai akan muncul sebagai dampak dari hal tersebut. Seperti seluruh dunia menentang dan tidak peduli dengan apapun yang akan ingin lakukan. Atau tidak satu orang pun yang mau mendukungmu.

Selama ini kamu menciptakan atmosfer negatif bagi diri sendiri sehingga apapun yang kamu lakukan rasanya akan menjadi sebuah kegagalan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stress Saat Pandemi

 

Terobsesi dengan Penampilan Fisik

Menghargai diri sendiri tentunya bisa menerima kekurangan dan kelebihan yang ada, termasuk soal fisik. Jika selama ini kamu tidak pernah puas dengan apa yang kamu lihat di cermin, selalu mencari kesempurnaan dan merendahkan diri maka tak ada self-respect yang kamu lakukan.

Contohnya, walaupun kamu tidak gendut, kamu akan tetap merasa kurang dengan postur tubuhmu. Atau terkait dengan warna kulit atau mungkin jenis rambut. Belajar menerima diri sendiri dan melihat kekurangan sebagai sesuatu yang unik bukan aib, maka akan lebih mudah bagimu untuk menghargai dan bersyukur.

 

Menyalahkan Diri Sendiri

Kamu selalu melihat dirimu sendiri sebagai orang yang selalu salah dalam hal apapun. Menyalahkan diri sendiri ketika hal-hal berjalan di luar kendali. Karena kamu berpikir bisa mengendalikan semua hal, tapi kenyataannya itu tak bisa.

Berhenti berpikir semua hal harus selalu terjadi sesuai dengan standarmu, selama sudah berusaha maka hasilnya jangan lagi menyalahkan diri sendiri.

 

Menyembunyikan Emosi Sebenarnya

Gejala yang menunjukkan seseorang kurang menghargai diri sendiri adalah ketika memilih untuk menggunakan masker setiap hari, dibanding mengekspresikan emosi yang kamu rasakan.

Kamu ingin diterima dengan baik sehingga berusaha menutupi jati diri sendiri dan menjadi seperti yang diinginkan oleh orang lain.

Baca Juga: Tips Mengatasi Beban Kerja Kantor yang Berlebihan

Rekomendasi
Artikel terkait