Apakah yang Dimaksud dari Promosi, Mutasi, Demosi

Hai sahabat varash career apakah kamu sudah mengetahui apa yang dimaksud Promosi, Mutasi dan Demosi ?

Perkembangan dalam dunia perusahaan atau organisasi sekarang sangat cepat persaingannya untuk menjadi sebuah perusahaan yang unggul dan produktifitas.

Dalam pengembangan manajemen perusahaan, banyak cara yang dilakukan, salah satu yang berperan penting adalah Manajemen Sumber Daya Manusia.

Manajemen Sumber Daya Manusia berkaitan langsung dengan karyawan, termasuk pengintegrasian-nya yaitu aktivitas untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, agar tercipta kerjasama yang serasi, sinergis dan saling menguntungkan.

Karyawan berhak mendapatkan hak untuk Promosi, Mutasi, bahkan bisa juga Demosi di lingkungan kerja, sehingga bisa tercipta Hubungan yang baik atau harmonis antara sesama karyawan atau karyawan dengan atasan/dengan pemberi kerja.

Nah Dalam kesempatan kali ini, akan diulas mengenai pengertian dari Promosi, Mutasi dan Demosi versi Varashcareer.id

 

1. PROMOSI
 Kenaikan Jabatan atau Promosi
Promosi adalah pemindahan karyawan dari suatu posisi atau jabatan, ke posisi atau jabatan lebih tinggi dengan gaji, fasilitas, tanggung jawab, dan peluang lebih besar.

Pengertian dari promosi itu sendiri adalah suatu penghargaan atau kenaikan jabatan dalam suatu Organisasi atau Instansi Negeri maupun Swasta.

Penghargaan/Kenaikan Jabatan ini diberikan pada seseorang yang tentunya harus memiliki kualifikasi yang baik dibanding kandidat-kandidat yang lainnya. 

Promosi juga bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk maju dan berkembang yang dapat membuat karyawan lebih baik/lebih bersemangat dalam melakukan suatu pekerjaan.

Oleh karena itu pimpinan/pemberi kerja harus menyadari pentingnya promosi untuk meningkatkan produktifitas agar terhindar dari masalah yang menghambat dan merugikan perusahaan seperti ketidakpuasan karyawan, adanya keluhan, menurunnya semangat kerja dan disiplin kerja, tingkat absensi yang tinggi atau bahkan mogok kerja.

Pedoman yang dijadikan dasar untuk mempromosikan karyawan atau pegawai adalah dengan adanya pengalaman (lama kerja) dan Kecakapan (keahlian).

Persyaratan promosi dari setiap perusahaan tidak selalu sama, tergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri.

Tapi secara umum syarat-syarat promosi yang harus dimiliki setiap karyawan itu adalah sebagai berikut: Kejujuran, Disiplin, Prestasi kerja, Kerjasama, Kecakapan, Loyalitas, Kepemimpinan, Komunikatif dan Pendidikan.

Tujuan dari adanya promosi itu sendiri yaitu:

  • Untuk memberikan pengakuan, jabatan, dan imbalan jasa kepada karyawan yang berprestasi kerja tinggi.
  • Dapat menimbulkan kepuasan dan kebanggaan pribadi, status sosial yang semakin tinggi dan penghasilan yang semakin besar.
  • Untuk merangsang agar karyawan lebih bergairah saat kerja, berdisiplin tinggi, dan memperbesar produktivitas kerjanya.
  • Untuk menjamin stabilitas kekaryawanan dengan direalisasinya promosi kepada karyawan dengan dasar dan pada waktu yang tepat serta penilaian yang jujur.
  • Kesempatan promosi dapat menimbulkan keuntungan berantai dalam perusahaan karena timbulnya lowongan berantai.
  • Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya yang lebih baik demi keuntungan optimal perusahaan.
  • Untuk menambah/memperluas pengetauan serta pengalaman kerja para karyawan dan ini merupakan daya dorong bagi karyawan lainnya.
  • Karyawan yang dipromosikan kepada jabatan yang tepat, semangat, kesenangan dan ketenangannya dalam bekerja semakin meningkat sehingga produktifitas meningkat.

Baca juga: Ciri-ciri perusahaan yang baik

2. MUTASI
Mutasi Kerja - varashcareer.id
Mutasi adalah suatu perubahan posisi/jabatan/tempat/pekerjaan yang dilakukan secara horizontal

Pengertian mutasi yaitu perpindahan pekerjaan seseorang dalam suatu organisasi atau perusahaan yang memiliki tingkat level yang sama dari posisi pekerjaan sebelumnya.

Kompensasi gaji, tugas dan tanggung jawab yang baru pada umumnya adalah sama seperti sedia kala.

Mutasi dilakukan untuk menghindari kejenuhan karyawan pada rutinitas pekerjaan yang terkadang membosankan.

Hakekat dari mutasi itu adalah salah satu juga bentuk perhatian dari pimpinan terhadap bawahan.

Selain itu kegiatan mutasi dilakukan oleh manajemen sumber daya manusia untuk mengembangkan kualitas kinerja karyawan yang menjadi tanggung jawabnya. 

Tujuan dari adanya mutasi itu sendiri yaitu:

  1. Meningkatkan produktivitas kayawan.
  2. Menciptakan keseimbangan antar tenaga kerja dengan komposisi pekejaan atau jabatan.
  3. Memperluas atau menambah pengetahuan karyawan.
  4. Menghilangkan rasa bosan/jenuh tehadap pekerjaannya.
  5. Memberikan perangsang agar karyawan mau berupaya meningkatkan karir yang lebih tinggi.
  6. Sebagai alat pendorong agar spirit kerja meningkat melalui pesaingan terbuka.
  7. Untuk menyesuaikan pekerjaan dengan kondisi fisik karyawan.
3. DEMOSI
Pengertian Demosi
Demosi adalah sebuah istilah yang dipakai untuk memindahkan seseorang dari jabatan yang lebih tinggi menuju jabatan yang lebih rendah atau kebalikan dari promosi

Pengertian dari demosi yaitu pemindahan seseorang ke jabatan lain yang lebih rendah dalam suatu perusahaan. 

Penurunan jabatan kewenangan, fasilitas, status dan bahkan gaji bisa dikatakan suatu hukuman bagi karyawan tersebut agar dapat belajar memperbaiki kualitas diri dan kinerjanya yang diharapkan agar menjadi lebih baik selama masa penjatuhan sanksi demosi tersebut.

Tujuan dilakukannya demosi terhadap karyawan yang bersangkutan adalah untuk pembinaan dan pembelajaran bagi karyawan tersebut.

Disamping sebagai tujuan pembelajaran, penjatuhan sanksi demosi juga dimaksudkan untuk menghindari kerugian perusahaan yang lebih besar karena telah salah menempatkan karyawan di posisinya

Hal yang dipertimbangkan  oleh manajemen perusahaan kepada karyawan dalam keputusan penjatuhan sanksi demosi adalah:

  • Ketidakmampuan karyawan dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan sehingga prestasi kerjanya rendah.
  • Rasionalisasi jumlah karyawan karena adanya program efektifitas dan efisiensi dalam manajemen perusahaan

 

Tadi adalah sekilas pemahaman mengenai Promosi, Mutasi dan Demosi untuk kamu yang sudah berada di lingkungan kerja maupun yang sedang mencari pekerjaan untuk dijadikan acuan agar bisa terus mengasah diri dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam segala hal, sehingga poin promosi itu bisa kamu dapatkan untuk jenjang karier yang lebih baik.

Rekomendasi
Artikel terkait