5 Tanda Lowongan Kerja Palsu Yang Perlu Kamu Waspadai
5 Tanda Lowongan Kerja Palsu

5 Tanda Lowongan Kerja Palsu

Saat kita telah selesai mengenyam Pendidikan kita akan mulai mencari penghasilan. Dalam fase mencari kerja ini biasanya adalah suatu hal bisa dikatakan menegangkan sekaligus membutuhkan usaha yang berlebih.

Dengan kecanggihan teknologi informasi, melamar pekerjaan bisa dilakukan hanya dengan gadget.

Para pencari kerja juga diuntungkan dengan adanya layanan situs pencari kerja yang bertebaran di dunia maya yang membuat proses mencari kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Namun, bagaimana jika lowongan kerja yang kita lamar ternyata palsu? Berikut 5 tanda lowongan kerja palsu  yang bisa diidentifikasi untuk mengetahui keaslian lowongan di situs pencari kerja. yuk disimak..

 

Tulisan Lowongan yang Buruk

Lowongan kerja palsu yang pertama yaitu jika kamu menemukan lowongan di situs pencari kerja yang mengandung terlalu banyak typo, bisa dipastikan lowongan tersebut palsu.

Selain itu, jika kamu menemukan lowongan di situs pencari kerja yang aneh secara tata bahasa dan kosa kata, besar kemungkinan lowongan tersebut palsu.

Penulisan lowongan kerja yang sembrono tidak mungkin dilakukan oleh sebuah perusahaan. Perusahaan yang benar-benar mencari calon karyawan pasti memikirkan penulisan lowongannya dengan matang.

 

Tidak Butuh Pengalaman

Lowongan kerja palsu berikutnya yaitu biasanya akan menawarkan pekerjaan yang tidak membutuhkan pengalaman kerja sebelumnya.

Jika sebuah perusahaan yang asli menggunakan situs pencari kerja untuk mencari fresh graduate, biasanya mereka akan mencantumkan persyaratan khusus berupa pendidikan minimal jurusan tertentu.

Perusahaan yang benar-benar mencari karyawan akan sangat menghargai pengalaman sekecil apapun itu seperti magang.

Berhati-hatilah pada lowongan kerja di situs pencari kerja yang mengesankan semua orang bisa melakukan pekerjaan tersebut.

 

Gaji yang Fantastis

Yang ketiga yaitu kamu perlu waspada saat mencari pekerjaan melalui dunia maya di situs pencari kerja, terutama tentang nominal gaji yang ditawarkan.

Yang bisa kamu perhatikan pada lowongan kerja palsu adalah gaji yang terlampau tinggi. Gaji fantastis tersebut diharapkan dapat menarik perhatian para pencari kerja yang mudah tergiur.

Jangan mudah percaya pada gaji yang ditunjukkan. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya kamu melakukan sedikit riset tentang nominal gaji rata-rata untuk suatu profesi.

 

Meminta Sejumlah Uang

Jika ada sebuah perusahaan yang menawarkan posisi pekerjaan dan  memintamu untuk melakukan sebuah transaksi uang untuk mereka, kamu harus mencurigai perusahaan tersebut.

Alasan yang mungkin mereka gunakan adalah kamu harus membayar asuransi untuk barang yang akan kamu gunakan dalam pekerjaan tersebut.

Ini sangatlah tidak masuk akal. Perusahaan mencari seorang karyawan dari kompetensinya dan membayarnya, bukan malah meminta sejumlah uang.

 

Penawaran Mendadak

Cara lain yang bisa dilakukan penipu dalam membuka lowongan adalah langsung menawarkan suatu posisi pekerjaan kepada individu. 

Jika kamu ditawari untuk mengambil pekerjaan tersebut secara langsung saat kamu melamarnya di situs pencari kerja, sebaiknya kamu mulai berhati-hati.

Setiap karyawan yang direkrut oleh perusahaan yang benar-benar profesional pasti dipilih dengan hati-hati.

Penawaran pun biasanya dilakukan secara tatap muka di kantor perusahaan yang bersangkutan karena berkaitan dengan kontrak kerja serta legalitas hukum. Itulah 5 tanda lowongan kerja palsu yang harus kamu ketahui agar kamu bisa lebih bijak dalam memilih lowongan pekerjaan. Semoga bermanfaat yaa.. 

Baca Juga : Tips Disegani Rekan Kerja 

Rekomendasi
Artikel terkait