5 Cara Ampuh Mengusir Rasa Malas saat Bekerja
5 Cara yang dapat mengusir rasa malas
Penyebab Rasa Malas
Rasa malas biasanya disebabkan oleh kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu. Jadi, jika Anda mulai merasa malas, coba tanyakan “why” atau “kenapa” pada diri Anda.

Mengusir Rasa Malas Bekerja

Bagaimanasih cara mengusir rasa malas bekerja? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan versi VarashCareer.. 

Setelah libur hari raya atau libur panjang di kantor, wajar sih biasanya rasa malas bekerja datang menyerang. Jangankan untuk memulainya, membayangkannya saja sudah membuat mumet dan pusing seketika. Kalau sudah merasakan hal ini ingin rasanya mendapat liburan tanpa batas. Tapi jika berlibur lagi dapat uang dari mana kalau kita tidak kerja? Ya kann..

Maka dari itu kita harus mengusir rasa malas yang ada pada diri kita agar tidak sampai terlena olehya. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukannya yaitu:

Mulai hari dengan kebiasaan yang positif

Mulailah harimu dengan melakukan kebiasaan yang positif seperti berolahraga di pagi hari yang dapat membuat tubuhmu menjadi fresh dan juga ingat untuk sarapan yang sehat dan bergizi.

Memulai hari dengan kebiasaan yang baik akan membuatmu lebih siap dalam menghadapi pekerjaan.

Pergi bekerja lebih cepat dan tebarkan senyuman pada orang-orang di kantor. Jika kamu selalu melakukan kegiatan positif sejak pagi hari, niscaya rasa malas akan berkurang. Sehingga kamu bisa tetap produktif sepanjang hari.

Jangan Pernah Menunda

Hal ini adalah yang sederhana tapi kerap diabaikan. Sering menunda-nunda tugas atau pekerjaan adalah kebiasaan buruk yang akan memicu rasa malas.

Jika kamu terus memupuk kebiasaan menunda- nunda itu maka rasa malas dalam dirimu akan semakin besar dan beban pekerjaan juga akan semakin besar dan menumpuk.

Maka dari itu lakukan apa yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Jangan sampai berlarut dan terus menumpuk agar bebanmu bisa lebih ringan.

Dengan begitu akhirnya kamu bisa terbebas dari rasa malas karena tidak ada tumpukan file pekerjaan yang harus diselesaikan.

Bayangkan hal-hal yang menyenangkan di kantor

Pasti banyak dari kalian yang memiliki teman-teman sekantor yang seru atau lingkungan kerja yang asyik.

Membayangkan hal-hal yang menyenangkan di kantor dapat membuat kita menjadi bersemangat untuk memulai aktivitas di kantor.

Contohnya seperti bergurau/bertukar cerita dengan teman di sela istirahat kerja atau keseruan disaat ada acara kekaryawanan yang bisa membuat semua karyawan dapat berbaur berbagi canda tawa.

Baca Juga: Perbedaan Bos dan Leader

Atur daftar kegiatan harian dan buat tenggat waktu

Kamu harus selalu memiliki jadwal kerja yang jelas untuk melawan rasa malas. Kamu dapat  membuat daftar kegiatan harian di buku catatan, laptop, atau via notepad di smartphone.

Banyak aplikasi yang dapat memudahkanawkamu dalam merencanakan kegiatan. Dan ingat perhatihan mana hal yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dan mana yang bisa diselesaikan belakangan.

Usahakan selalu disiplin dalam menyelesaikan semua rencana/kegiatanmu agar tidak sampai ada yang ketinggalan dan membuat semua rencanamu menjadi berantakan.

Dengan begitu perlahan kamu bisa mengusir rasa malasmu karena sudah memiliki list kegiatan yang sudah teratur untuk dieksekusi.

Dan hal yang juga tidak kalah penting adalah kita harus memiliki tenggat waktu untuk menyelesaikan semua tugas agar memiliki jadwal produktivitas yang pasti dan memiliki batasan yang jelas.

Pikirkan target yang ingin dicapai

Memiliki target dalam hidup akan membuat kamu memiliki tujuan yang jelas. kamu akan tahu apa yang harus dilakukan sejak kamu mulai membuka mata di pagi hari.

Selalu miliki target dalam bisnis dan pekerjaanmu. Namun, jangan cuma dibuat dalam daftar list saja, kamu juga harus terus mengingat target tersebut dan memotivasi diri untuk mencapainya.

Untuk itu, teruslah berorientasi pada target agar kamu bersemangat untuk menghasilkan sesuatu. Sehingga kamupun tidak mau bermalas-malasan dalam menjalankan hari-hari Anda.

Itulah beberapa tips cara mengusir rasa malas saat bekerja, yang bisa kamu terapkan di rumah atau dilingkungan kerja. Semoga membantu yaa..

Rekomendasi
Artikel terkait