Ciri-Ciri Orang Sibuk dan Orang Produktif
Ciri-Ciri Orang Sibuk dan Orang Produktif

Ciri Ciri Orang Sibuk dan Orang Produktif

Perlu dipahami bahwa tidak semua sibuk merupakan sibuk yang produktif. Ada saatnya seseorang terlihat sibuk  karena ketidakmampuannya untuk mengatur waktu dengan baik. Sebagaimana seorang bijak pernah mengatakan bahwa tidak ada orang sibuk, yang ada hanyalah orang yang gagal mengatur waktu. Agar lebih mudah memahaminya, mari kita bandingkan ciri-ciri orang sibuk dan orang produktif

Ciri Ciri Orang Sibuk

Target Tidak Terukur

Orang sibuk kerap kali mengabaikan pentingnya target. Mereka hanya menginginkan pekerjaan yang ada bisa cepat terselesaikan. Padahal seharusnya perlu adanya target agar hasil kerja mempunyai kualitas yang diinginkan.

Tidak Mempunyai Skala Prioritas

Jika seseorang mampu menyusun skala prioritas, tentu ia akan terhindar dari kesibukan yang menyulitkan. Kemudian sebaliknya jika seseorang tidak mempunyai skala prioritas yang jelas maka pekerjaan yang dibebankan olehnya tidak akan terselesaikan dengan baik.

Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Seperti yang telah disebutkan di awal, orang sibuk adalah orang yang gagal mengatur waktu. Orang sibuk juga biasanya adalah mereka yang senang menunda pekerjaan. Pekerjaan baru dikerjakan jika sudah dekat dengan deadline, sehingga mereka merasa dijerat oleh pekerjaan yang terlalu menumpuk.

Mudah Terdistraksi

Orang sibuk cenderung tidak bisa mengontrol diri dalam merespon hal-hal di sekitarnya, tidak peduli hal tersebut penting atau tidak. Kondisi ini membuat orang-orang sibuk mudah terganggu konsentrasi dan pola kerjanya sehingga produktivitas dalam pekerjaan tidak akan tercapai.

Kurang Mempertimbangkan Resiko

Saat ditawari sebuah pekerjaan, terutama dengan bayaran yang menggiurkan, orang sibuk biasanya langsung mengiyakan. Ia kurang mempertimbangkan resiko dari pekerjaan itu sendiri. Ia juga seringkali lalai mempertimbangkan kapasitas dirinya apakah ia akan mampu menyelesaikan pekerjaan itu dengan sempurna atau tidak.

 

Ciri Ciri Orang yang Produktif

Merancang Target yang Terukur

Seseorang yang produktif pasti akan merancang target di awal sebelum memulai pekerjaan. Target yang terukur membuat mereka lebih produktif dan memiliki langkah kerja guna mencapai hasil yang diinginkan. Ini menjadikan orang-orang produktif selalu menghasilkan sesuatu yang berkualitas.

Mempunyai Skala Prioritas

Orang produktif tentu mempunyai skala prioritas dalam bekerja. Skala ini yang akan membantu mereka menentukan pekerjaan mana yang pertama-tama harus diselesaikan. Skala prioritas menghindarkan orang-orang produktif dari mengerjakan banyak hal secara tergesa-gesa.

Menyelesaikan Pekerjaan Sampai Tuntas

Orang produktif pantang menunda pekerjaan. Bagi mereka menunda pekerjaan sama saja membuang-buang waktu, dan pada akhirnya diri mereka sendiri yang akan didera kesulitan karena hal itu.

Selalu Fokus

Ketika sedang bekerja, orang-orang produktif akan selalu berupaya untuk fokus. Mereka akan mengesampingkan dulu hal-hal yang kurang penting dan bersifat distraktif. Orang yang produktif memahami ada saatnya merespon hal-hal kurang penting, tapi hal tersebut tidak perlu diberi porsi waktu terlalu banyak. 

Penuh Pertimbangan

Orang produktif biasanya akan mempertimbangkan suatu pekerjaan dan resikonya masak-masak. Mereka juga akan mengukur kemampuan diri, berpikir realistis apakah mereka akan mampu mengerjakan hal tersebut dengan sempurna tepat pada waktunya tanpa mengganggu pekerjaan-pekerjaan lain yang telah ada sebelumnya.

Bagaimana? Apakah kalian sudah bisa membedakan ciri-ciri orang sibuk dan orang produktif ? Apa kalian ada dalam bagian terssebut? 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Rekomendasi
Artikel terkait