Cara Menghindari Konflik Di Tempat Kerja, Inilah Beberapa Tipsnya
Cara MEnghindari Konflik di Tempat Kerja
Mengatasi Konflik di Tempat Kerja

Cara menghindari konflik di tempat kerja

Semua orang pastinya ingin mendapatkan rasa aman dan nyaman di tempat kerja tanpa adanya suatu konflik apapun yang bisa saja menyebabkan frustasi, stress dan menurunnya produktifitas dalam bekerja.

Akan tetapi, setiap karyawan pasti pernah saja merasakan konflik baik itu dengan rekan kerja atau dengan atasan langsung.

Untuk menghindari hal itu agar tidak selalu terjadi dan berulang ulang kamu harus belajar menghindari konflik agar dapat focus menyelesaikan tugas dan pekerjaan kamu dengan baik.

Meski kamu tidak selamanya bisa menghindari konflik bukan berarti kamu tidak bisa meminimalisir terjadinya konflik. 

Bagaimana caranya? Berikut ada beberapa cara elegan yang akan membantu kamu menghindari konflik di tempat kerja.

 

Bangun Suasana Positif 

Apakah kamu pernah menemukan seseorang yang selalu membawa aura positif atau seseorang yang selalu ceria di tempat kerja?

Oleh karena itu kamu perlu meniru keceriaan dan berperilaku yang menyenangkan agar orang lain enggan berkonflik dengan kamu.

Walaupun sesekali pasti ada selisih pendapat, kamu bisa mempertahankan pendapatmu dengan bahasa yang sopan dan tidak sampai menjatuhkan orang lain.

Menerima Perbedaan Setiap Individu

Semua orang dilahirkan dengan membawa karakternya yang berbeda dan beragam. Kemudian tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang berbeda pula, sehingga prinsip yang dianut setiap orang pun berbeda.

Maka dari itu tidak heran, sebuah konflik di tempat kerja lebih cenderung disebabkan oleh perbedaan karakter dan prinsip setiap individu.

Untuk menghindari konflik itu sendiri, kamu harus memahami bahwa setiap orang unik dan belajarlah menerima perbedaan karakter dari rekan kerja.

Jangan Pernah Menyombongkan Diri

Kepribadian yang rendah hati pastinya akan banyak disukai oleh orang lain. Sebaliknya, jika ada karakter seseorang yang tinggi hati atau sombong bisa jadi itu akan membuat  api pemicu konflik.

Seperti kata pepatah, rambut boleh sama hitam tapi isi hati tidak ada yang tahu kan? Bisa jadi seseorang menyimpan ketidaksukaan atas kesombongan yang dipamerkan orang lain di hadapannya.

Jadilah pribadi yang rendah hati baik dengan teman kerja ataupun dengan atasan, agar tercipta hubungan yang harmonis di tempat kerja.

Ketahui Apa yang Penting Bagi Orang Lain

Konflik itu bermula dari hal kecil yang dipikir sepele, tapi bagi orang lain adalah hal yang penting.

Misalnya, mengambil suatu makanan milik rekan kerjamu yang terletak diatas meja kerjanya tanpa meminta ijin terlebih dahulu. Sekali saja kamu melakukannya, selamanya nama baikmu akan tercemar dan bisa memicu konflik di masa depan.

Tidak ada konflik yang besar yang tidak bermula dari hal-hal kecil. Ketahuilah apa-apa saja yang penting bagi orang lain dan jangan melewati batas dengan mengambil hak rekan kerja. 

Belajar Untuk Saling Menghargai

Kebanyakan dari orang kadang tidak bisa saling menghargai sepertinya halnya dalam menghargai prinsip atau pendapat dari rekan kerjanya karena mereka tidak mengerti dalam  mengkomunikasikannya.

Ada juga yang beranggapan pendapat dan prinsip rekan kerja yang berbeda dapat membuat prinsip dan pendapatnya bisa tersisihkan.

Maka dari itu pupuklah rasa toleransi dan pemahaman bahwa setiap orang tumbuh dengan caranya masing-masing.

Lebih banyaklah mendengarkan dibanding menyerang pendapat rekan kerjamu. Orang yang bisa menghargai pendapat dan prinsip orang lain adalah orang yang rajin mendengarkan dibanding bicara.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Motivasi Kerja

Jangan Menghakimi di Depan Umum

Langkah berikutnya untuk menghindari konflik di tempat kerja adalah jangan sesekali menghakimi seseorang di depan umum. Karena hal tersebut bisa membuatnya sakit hati atau dendam.

Jika hal itu terjadi padamu, apa yang kamu rasakan? Bukannya terpicu menjadi lebih baik, kamu akan merasa malu akibat dihakimi di depan umum.

Kondisi tidak mengenakkan ini akan menjadi ingatan yang buruk bagimu dan cepat atau lambat, hal tersebut bisa menyebabkan konflik jangka panjang.

Beri Kritikan dengan Sopan

Dalam memberikan kritik kepada rekan kerja bisa saja dapat menjadi pedang bermata dua jika tidak dilakukan dengan santun.

Alih-alih ingin membangkitkan motivasi rekan kerja untuk lebih baik dalam mengerjakan tugasnya, kritik yang diberikan tidak dengan santun dapat membuat konflik berkepanjangan.

Untuk memberikan kritik yang sopan dan santun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Beri kritik secara pribadi, jangan di depan banyak orang sehingga mempermalukan yang diberi kritik.
  • Jangan mengkritik dengan membandingkan hasil pekerjaan dia dengan yang lainnya
  • Berikan kritik secara spesifik dalam waktu yang tepat
Selesaikan Masalah Kecil Secepat Mungkin

Berbagai masalah kecil seperti kurang maksimalnya kerja tim hingga masalah organisasi perusahaan dapat berkembang menjadi konflik yang lebih besar jika tidak diselesaikan secepat mungkin.

Untuk dapat menyelesaikan masalah, hal yang harus dilakukan yaitu sempatkan dan sediakan waktu untuk mengobrol dan membahas tentang solusi permasalahan yang ada. Baik itu antar rekan kerja atau atasan.

Jangan hanya diam dan terus memendam hingga akhirnya masalah kecil terlambat tertangani dan sudah menjadi masalah yang besar.

Demikian cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari konflik di tempat kerja. Kamu harus memahami betul apa-apa saja yang dapat memicu terjadinya konflik di tempat kerja kamu, lalu action untuk menghilangkan atau setidaknya meminimalkan pemicu tersebut. 

Rekomendasi
Artikel terkait