Mengubah Karier Saat Pandemi, Tanyakan Ini Sebelum Memutuskan
Mengubah Karier Saat Pandemi, Tanyakan Ini Sebelum Memutuskan

Mengubah Karier Saat Pandemi, Tanyakan Ini Sebelum Memutuskan

Mengubah karier karena pandemi menjadi salah satu tindakan yang mulai dipikirkan banyak orang. Kurang efisien, kekhawatiran atas pemecatan dadakan, gaya kerja yang berubah dan berbagai alasan lain menjadi pertimbangannya.

Namun benarkah mengubah karier karena pandemi menjadi jalan terbaik untuk kamu? Bagaimana jika kamu salah mengambil langkah dan membuat karier kamu menjadi hancur?

Jika dipikirkan, memang bukan keputusan mudah bagi seseorang mengubah karier, apalagi selama masa pandemi ini. Untuk meyakinkan jika keputusan kamu benar, coba yuk tanyakan hal ini kepada diri sendiri sebelum memutuskannya:

 

Kamu Mengubah Karier atau Tidak Suka Bekerja Selama Pandemi?

Hal pertama yang harus kamu tanyakan pertama adalah mengapa kamu ingin mengubah karier? Apakah kamu benar-benar ingin membangun karier baru? Atau kamu hanya tak bisa menerima sistem kerja selama pandemi ini.

System kerja mungkin telah dirubah agar sesuai dengan himbauan pemerintah mengenai protokol kesehatan. Misalnya seperti jadwal kerja, sistem pengumpulan laporan, sistem koordinasi bahkan beberapa tugas dan tanggung jawab.

Kalau kamu merasa ingin mengubah karier karena hal tersebut, maka coba pikirkan kembali. Sebab mungkin saja perusahaan lain akan melakukan hal sama seperti perusahaanmu sekarang.

 

Apa yang Kamu Cari dari Karier Barumu?

Ketika kamu ingin mengubah karier maka pekerjaan kamu pun akan berubah. Mungkin dari sanalah keinginan kamu untuk mencoba membangun karier yang baru. Namun apakah kamu memiliki goals? Apa yang ingin kamu capai? Dimana garis finisnya?

Jika kamu tidak bisa menjelaskan hal tersebut, maka keputusan untuk mengubah karier bisa saja hanya ungkapan ketidakpuasaan terhadap kondisi pekerjaan saat ini.

 

Apakah Kondisi Finansial Kamu Mendukung atas Keputusan Tersebut?

Jangan lupa memikirkan akibatnya terhadap kondisi finansial ketika kamu mengubah kariermu. Tentu saja kamu harus memiliki persiapan yang matang secara finansial. Terutama ketika kondisi ekonomi sedang tak jelas karena pandemi.

Kamu harus bisa menyesuaikan pengeluaran karena sudah tak ada lagi gaji bulanan. Mengubah karier saat pandemi di medan baru tidak mudah dan tak semulus yang dibayangkan dan sangat perlu untuk di pertimbangkan. tanyakan ini sebelum memutuskan

baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kerja Kantoran dan Wirausaha

Rekomendasi
Artikel terkait