6 Cara Mengelola Gaji Agar Tidak Cepat Habis
Cara Mengelola Keuangan Agar Tidak Boros

6 Cara Mengelola gaji agar tidak cepat habis

Sahabat Varashcareer pasti pernah merasakan yang namanya kehabisan uang kan ??

Padahal baru gajian kemarin, tidak tau uang larinya kemana aja,  tiba-tiba sudah kempis.

Sebenarnya bukan masalah nominal sih, tapi kalau kamu pintar memanajemen keuangan tentunya kamu akan selau berkecukupan dengan berapapun gaji yang kamu terima.

Untuk mengatasi permasalahan yang sering kamu hadapi itu, berikut akan diberikan tips mengatur uang gaji bulananmu..

Tips Mengatur Uang Gaji Bulanan

Membuat Skala Prioritas

Dalam kehidupan masyarakat global seperti saat ini, kita akan semakin sulit untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan yang bisa membuat terjebak gaya hidup yang konsumtif.

Jangan sampai keinginan yang mengaturmu. Oleh karena itu kamu harus bisa menentukan prioritas yang menurutmu lebih penting diutamakan untuk kebutuhan.

Cara mudahnya, kamu bisa memulai dengan membuat rencana anggaran pengeluaran. 

 Buat Rencana Anggaran/Pengeluaran

Lakukan hal yang sederhana yaitu catat seluruh pengeluaran supaya kamu punya semacam panduan mengenai apa-apa saja yang menjadi pengeluaran wajib selama sebulan seperti kebutuhan pokok dll. Usahakan untuk mematuhi aturan tersebut. Jangan sampai melanggarnya.

Buatlah perencanaan anggaran belanja ketika menerima gaji, lebih detailnya tulis alokasi untuk apa saja uang gajianmu. Tujuan perencanaan ini nantinya bisa membuat kamu menjadi tahu, uangmu habisnya kemana saja dan digunakan untuk apa saja. 

Baca Juga : Kenapa Harus Bisa Menguasai MS Office 

Sisihkan Untuk Tabungan

Sebelum membelanjakan gajimu atau menyisihkannya untuk kebutuhan pokok dan lain sebagainya penting bagimu untuk menyisihkannya terlebih dahulu untuk ditabung, meskipun uang yang ditabung jumlahnya tidak besar, tetapi paling tidak ada tabungan yang dimiliki.

Untuk mempermudah kamu dalam menabung, kamu dapat menyisihkan gaji di awal untuk ditabung. Bukan sisa dari uang kebutuhan sehari-hari. 

Jika kamu menyisihkannya dari sisa-sisa uang kebutuhan sehari-hari, yang ada kamu tidak akan mempunyai uang untuk ditabung sama sekali.

 Tabungan Tidak Boleh Diambil 

Jika kamu sudah mempunyai tabungan yang lumayan, jangan jadikan itu tempat pelarianmu saat gerit melanda. Apa yang sudah ditetapkan sebagai tabungan tidak boleh diganggu gugat dan diambil dengan alasan apapun.

Hal ini yang perlu kamu tanamkan dalam hati agar kamu bisa lebih berhemat dalam mengelola keuanganmu. Jangan memberi alasan apapun untuk mengambil dana yang sudah disisihkan tersebut. 6 Cara Mengelola Gaji

 Belanja Sesuai Kebutuhan

Belanja sesuai kebutuhan kadang gampang-gampang susah dilakukan ,karena kita sering tergiur dengan penawaran special, promo, dan diskon yang kadang membuat kita menjadi kalap. Tapi kamu bisa belajar pelan-pelan untuk hal ini. Mulai kendalikan diri dan buang jauh-jauh sifat konsumtif.

Cara lain yang bisa dilakukan dari tips mengatur uang gaji adalah pastikan sebelum belanja, kamu mencatat apa saja yang kamu butuhkan, jadi ketika kamu belanja online atau offline, kamu bisa focus membeli barang yang ada di daftar belanjamu saja.

 Pelan pelan Belajar Berhemat

Kunci agar gajian kamu aman sampai akhir bulan ada pada dirimu sendiri. Belajar pelan-pelan mengatur keuangan agar tidak kaget.

Jangan memaksakan gaya hidupmu dengan gaya hidup teman-temanmu yang mungkin mempunyai penghasilan yang lebih tinggi.

Ingat kamu juga harus memikirkan hari esok atau masa depan. Rajinlah lah menabung dan berinvestasi. Lakukan secara bertahap dan konsisten yaa. Itulah Beberapa Tips Mengatur Uang Gaji Bulanan yang bisa kamu terapkan yaa.. 

 

 

 

Rekomendasi
Artikel terkait