5 Tips Adaptasi Dengan Rekan Kerja Baru
5 Tips Adaptasi Dengan Rekan Kerja Baru

5 Tips Adaptasi dengan rekan kerja baru

Apakah kamu pernah merasa kebingungan atau ada rasa canggung ketika berada di dalam satu lingkungan baru? Terlebih jika ini adalah hari pertama kamu masuk ke perusahaan baru, atau berada dalam lingkungan pekerjaan baru yang sangat berbeda dengan lingkungan kerja kamu sebelumnya.

Namun demi mengilangkan rasa bingung dan canggung tersebut sebaiknya langsung diatasi dengan segera jika kamu tidak ingin jadi orang yang terkucilkan di kantor. Berikut ini ada 5 tips beradaptasi dengan rekan kerja di kantor baru. Yuk disimak..

 

Pelajari Budaya Kantor Baru

Setiap perusahaan pastinya memiliki budaya pergaulan yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu harus  mencoba mempelajari budaya yang ada di perusahaan tersebut, mulai dari cara bertegur sapa antar karyawan dan juga kepada atasan.

Beberapa perusahaan menggunakan panggilan resmi kepada rekan kerjanya, biasanya mereka menggunakan panggilan ibu dan bapak.

Tetapi tidak sedikit juga perusahaan yang lebih santai dan merujuk dengan panggilan kakak, mas, atau mbak kepada sesama rekan kerja. kamu harus bisa mengimbanginya. 

 

Menyapa lebih Dulu

Karena kamu adalah orang baru, maka sudah seharusnya kamu untuk menyapa rekan kerja kamu terlebih dahulu. Sapalah mereka saat kamu berpapasan di lingkungan kantor misalnya.

Memulai pembicaran lebih lanjut juga tidak ada salahnya. Kamu bisa saja sekedar menanyakan apakah mereka sibuk dengan pekerjaan mereka atau tidak. Karena basa-basi tidak ada salahnya di sini.

 

Makan Siang Bersama

Jika kamu sudah mengenal rekan-rekan kerjamu, tidak ada salahnya jika kamu menawarkan diri untuk keluar makan siang bersama.Saat jam makan siang biasanya suasana akan lebih mencair jika dibandingkan saat di dalam kantor.

Jika kamu membawa bekal dari rumah, makan saja bersama teman-teman lain di kantin atau restoran. Biasanya di hari-hari awal inilah rekan kerjamu akan berusaha mengenal kamu lebih dekat saat jam makan siang. 

 

Membawa makanan

Sekali-kali membawakan makanan untuk rekan kerja tidak ada salahnya kok. Jika kamu memiliki budget lebih sesekali bawalah makanan ke kantor untuk dinikmati bersama dengan rekan kerjamu.

Makanan yang kamu bawa juga tidak harus mewah, hanya sekadar camilan seperti keripik kentang atau cokelat rasanya cukup. Hal ini bisa membangun kedekatanmu antar rekan kerja.

 

Ikut Dalam Kegiatan Kantor

Setiap perusahaan biasanya mempunyai kegiatan Gathering yang rutin dilakukan setiap 3 / 4 bulan sekali, dengan diadakannya kegiatan Gathering ini  bisa membuatmu  mengenal lebih dekat rekan kerja.

Selain itu para karyawan juga senang membuat klub hobi sesuai dengan minat dan bakat mereka seperti Klub Kesenian, Olahraga futsal, misalnya.

Jadi jika kamu menggemari olahraga tersebut maka tidak ada salahnya kamu ikut bergabung di sana. Itulah 5 Tips Adaptasi Dengan Rekan Kerja Baru, semoga bermanfaat yaa..

Baca Juga : Penyebab Sering Lembur Kerja 

Rekomendasi
Artikel terkait